Minggu, 06 Januari 2013

Pertanyaan-Pertanyaan



Apakah semua dalam alam semesta ini memiliki pola?
Sebuah pola bukanlah pola bagi orang yang tidak mengetahuinya dan memahaminya. Segala sesuatu akan menjadi suatu pola jika kita bisa mengetahui, memahami, dan meyakini hal tersebut. Sehingga, segala sesuatu yang ada di alam semesta ini pastilah memiliki pola tergantung dari ruang dan waktu serta tergantung dari bagaimana kita memahaminya.
Apakah hakekat perbedaan dalam persatuan?
Sejatinya, semua orang di dunia ini sangatlah berbeda, namun jika dalam filsafat semua orang itu adalah sama. Kesamaan itu terlihat dari beberapa hal yaitu sama-sama makhluk ciptaan Tuhan, sama-sama membutuhkan oksigen untuk hidup, sama-sama akan mati. Namun, pada kenyataanya, setiap manusia tidaklah sama dengan manusia yang lain.Mereka semua berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut ada karena setiap manusia terikat dengan ruang dan waktu masing-masing. Sehingga, secara filsafat manusia itu berbeda karena “apanya” dan setiap manusia itu sama karena “apanya”.
Kapan sesuatu itu disebut sebagai mimpi?
Mimpi memiliki tingkat kualitas yang berbeda-beda. Ada mimpi yang berkualitas tinggi, adapula mimpi yang berkualitas rendah. Suatu mimpi akan berkualitas atau tidak tergantung dari pengalaman hidup yang dialami oleh setiap orang. Berdasarkan kualitas itulah, setiap orang mampu mengingat mimpi yang mereka alami atau lupa akan mimpi yang mereka alami. Sebagai contoh, kita kita merindukan sesorang. Melalui kerinduan yang mendalam itulah orang akan memimpikan sesorang yang ia rindukan.
Selain memiliki kualitas, mimpi memiliki suatu area atau wilayah. Area dari sebuah mimpi dapat dipelajari dengan menggunakan pendekatan psikologis, yaitu gejala jiwa.
Apakah perbedaan antara cita dan sayang?
Rasa cinta dan sayang yang dimiliki oleh setiap orang bersifat kontekstual dan memiliki dimensi. Selain itu, cinta dan sayang merupakan suatu intuisi. Sehingga, kita tidak dapat mendefinisikan cinta dan sayang. Meski demikian, kita dapat mengkarakteristikan apa yang dimaksud dengan cinta dan sayang. Kita dapat mengkarakteristikan atau mencirikan cinta dan sayang melalui perilaku yang ditunjukkan oleh orang lain kita mereka sedang mengalami jatuh cinta pada orang lain atau bahkan ketika mereka sedang mengekspresikan rasa sayang mereka kepada orang lain.
Namun, kita dapat membedakan rasa cinta dan sayang dengan menggunakan intuisi. Artinya adalah cinta dan sayang dapat kita bedakan melalui pengalaman-pengalaman yang ada disekitar kita. Sebagai contoh pengalaman kita saat bertemu dengan orang lain, pengalaman kita pada saat kita suka dengan orang lain, dan sebagainnya. Melalui pengalaman itulah, kita dapat mendefinisikan dan membedakan rasa cinta dan sayang. Sehingga perbedaan antara rasa cinta dan sayang terletak pada konteksnya serta terletak pada bagaimana kita bisa memahami dan memaknai apa itu rasa cinta dan sayang dengan intuisi yang kita miliki masing-masing.
Mengapa yang tidak ada termasuk dalam objek filsafat?
Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa objek filsafat terdiri dari dua hal, yakni yang ada dan yang mungkin ada. Yang tidak ada bersifat relatif tergantung ruang dan waktunya masing-masing. Yang tidak ada bisa menjadi ada sehingga yang tidak adapun dapat dikategorikan menjadi yang mungkin ada. Sebagai contoh, saya tidak mengerti dan tidak paham dengan apa yang saya pegang maka apa yang saya pegang tidak ada dalam pikiran saya, namun yang tidak ada tersebut bisa menjadi ada, jika ternyata saya tidak memegang apa-apa. Jadi, yang tidak ada bisa menjadi ada dan yang mungkin ada. Oleh karena itulah, yang tidak ada termasuk dalam objek filsafat. Akan tetapi, filsafat bisa menjadi sangat berbahaya jika yang “mungkin” tersebut terus berkelanjutan, sehingga untuk menghindari bahaya diperlukan spiritual yang tinggi agar tidak tersesat.
Bagaimana dengan guru matematika yang dianggap Galak?
Pada dunia pendidikan, terdapat dua macam karakter guru yaitu guru yang galak dan guru yang tidak galak. Kenyataan dilapangan seringakali memberikan fakta bahwa sebagian atau hampir semua siswa akan merasa nyaman dan senang jika belajar dengan guru yang tidak galak. Guru dapat dikategorikan menjadi guru yang galak dan yang tidak galak tergantung dari sikap dan perilaku yang diperlihatkan oleh setiap guru. Seorang guru tergolong sebagai guru yang galak jika ia memiliki ciri-ciri, yaitu suka marah, toleransinya kecil, suka memaksakan kehendak, dan lain sebagainya.
Bagaimana cara mengahadapi orang yang enggan atau pelit untuk berbagai pengalaman atau ilmu pengetahuan dengan orang lain?
Untuk menghadapai orang yang enggan berbagi pengalaman atau ilmu pengetahuan dengan orang lain adalah dengan menggunakan komunikasi.
Bagaimana cara memberikan pemahaman kepada siswa yang tidak menyukai matematika?
Sebagai seorang guru, janganlah kita memposisikan atau menganggap siswa sebagai suatu objek. Berikanlah siswa ruang yang cukup untuk mengembangkan kemampuan atau keterampilan hidupnya dalam memperoleh pengalaman. Melalui pengalaman-pengalaman itulah, siswa dapat mengkonstruk atau membangun sendiri pemahamannya tentang matematika.
Apa penyebab terjadinya krisis multidimensi?
Salah satu penyebab terjadinya krisis multidimensi adalah guru. Salah satu contohnya adalah perilaku guru yang selalu menjadikan siswa sebagai objek. Sehingga siswa belajar secara tidak alami. Hal terebut menyebabkan siswa kehilangan intuisi, siswa dianggap sebagai tong kosong. Ketika siswa kehilangan intuisi maka kehidupan siswa menjadi tidak terarah. 
Kenapa saya gemuk?
Gemuk disebabkan oleh beberapa faktor. Orang yang gemuk biasannya suka tidur. Orang gemuk biasanya bermasalah, namun bukan berarti orang yang tidak gemuk tidak memiliki masalah. Karena bisa jadi, orang yang tidak gemuk adalah orang yang bermasalah. Dengan demikian, untuk menghindari kegemukan, maka perbanyaklah berfilsafat. Sebab, dengan berfilsafat kita akan mengerti dan memahami banyak hal. Dengan kita mengerti dan memahami kita akan menjadi “tidak bahagia”. Karena setiap apa yang kita mengerti dan kita pahami tidak selalu membawa kebahagiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar